You are here: Home / Tips Memilih Kertas Untuk Pensil Charcoal

Tips Memilih Kertas Untuk Pensil Charcoal

/
Pensil charcoal

Charcoal atau pencil charcoal adalah media yang sangat bagus untuk membuat seketsa, lukisan potret/wajah. Atau pun untuk membuat under painting sketch.
Media charcoal adalah media berkesenian yang sudah di gunakan sejak zaman renaissance dulu. Yang juga di pakai oleh empat nama besar tokoh renaissance sa'at itu. Yaitu; Leonardo Da Vinci,
Michael Angelo, Donatello dan Raphael.

Jika anda penggemar Film Kura kura ninja sekarang anda tahu dari mana nama mereka di ambil.


OK, kembali ke pembahasan tentang kertas untuk charcoal dan  pensil charcoal.

Di artikel ini, saya ingin berbagi tips mengenai kertas untuk menggambar/melukis menggunakan pensil charcoal.

Pada dasarnya, jika anda menggunakan pensil charcoal untuk menggambar. Anda tidak bisa sembarangan memakai kertas untuk di jadikan media gambar kalau ingin mendapatkan hasil gambar yang bagus.

Jenis kertas yang bagus untuk charcoal /pensil charcoal

Nah, berikut adalah jenis jenis kertas yang bagus untuk charcoal /pensil charcoal yang sudah pernah saya coba sendiri:

Watercolor paper

Loh! Watercolor paper? itu kan untuk cat air?

Yap! anda benar sekali! tapi kertas khusus cat air sudah terbukti sangat bagus untuk di jadikan media gambar menggunakan charcoal atau pensil charcoal.

Semua jenis watercolor paper sangat bagus untuk charcoal. Anda bisa memilih tipe dan ukuran yang sesuai kebutuhan anda. Kalau suka gambar yang gede gede ya pakai yang ukuran A2. Kalau yang ukuran agak kecil ya beli yang A3.

Biasanya belinya per pack. Tergantung harga, ada yang perpack-nya isi 10, 12 atau kalau yang mahal seperti merk Canson paper isinya biasanya hanya 5 pcs. Saya pakai Canson paper untuk drawing yang sifatnya comersil atau untuk koleksi pribadi.

Untuk harga tergantung dari ukuran, ketebalan dan jenisnya. Coba cek harga kertas per pack-nya di halaman Bukalapak berikut.

Sketch book

Kertas yang juga cukup bagus untuk dijadikan media gambar menggunakan charcoal adalah sketchbook.

Rata rata dan hampir semua sketchbook bagus untuk pensil charcoal.

Tapi jika anda menggunakan charcoal stick (bukan pensil) usahakan untuk cari yang kertas-nya berteksture. 

Ya, lagi lagi kalau bisa cari sketchbook yang khusus untuk watercolor.

Meskipun begitu beberapa jenis sketch book yang bukan untuk watercolor juga cukup baik untuk di jadikan media gambar menggunakan charcoal.

Kalau saya pribadi, suka menggunakan Lyra Sketchbook untuk latihan menggunakan pensil charcoal. Selain bagus, harga juga tidak terlalu mahal.

charcoal drawing

Alternative

Jika anda ingin mencari kertas yang harganya cukup murah dan mudah di cari. Kertas Manilla bisa juga dijadikan alternative. Hanya saja, untuk urusan kualitas kurang bagus. Karena lama kelama'an karya yang anda buat di kertas Manilla akan ada bercak bercak kekuningan.

Meskipun begitu, kertas manilla bisa di jadikan untuk media latihan. Kalau untuk komersil, lebih baik pakai kertas yang lebih bagus kualitasnya. Supaya karya anda bisa awet berpuluh puluh atau bahkan beratus tahun.

Dan bisa di nikmati anak cucu anda kelak.

Kesimpulan

Jadi kesimpulanya, semakin bertekstur dan mempunya daya serap yang baik kertas tersebut. Maka semakin baguslah karya yang anda buat.

Ok, sekian dulu dari saya. Semoga artikel singkat ini bisa jadi bahan referensi anda. Dan selamat berkarya!

Salam,
Hermansyah 🙏🏻

Komentar

Posting Komentar